Advertise

Senin, 03 Oktober 2011

Tentang Kami :

Profil Perusahaan dan Komitmen Pelayanan.
                                                               
Klinik Spesialis Ginjal dan Hipertensi  “RASYIDA“ Medan didirikan pada tanggal 10 November 1995 oleh Prof. dr. Harun Rasyid Lubis, SpPD-KGH  bersama Ibu Dra. Siti Asrah Siregar di Jalan D.I Panjaitan No. 144, Medan 20119. Semula berbentuk badan hukum yayasan dan terakhir dirubah menjadi badan hukum perseroan terbatas, dan terdaftar dengan nama “PT.NURANI UMMI RASYIDA MEDAN”

KSGH Rasyida Medan didirikan atas kebutuhan masyarakat di Sumatera Bagian Utara untuk pasien yang telah dinyatakan positif harus dilakukan tindakan hemodialisis.

Pada awalnya KSGH Rasyida Medan hanya memiliki mesin hemodialisis  sebanyak 5 unit, dengan jumlah pasien/ pelanggan  sebanyak 7 orang.

Dengan kerja keras  pemilik dan seluruh karyawan KSGH Rasyida Medan terus tumbuh dan berkembang sehingga sekarang  telah mengoperasikan 52 unit mesin hemodialisis,  dan alat pendukung hemodialisis lainnya seperti satu unit mesin Rontgen, alat USG Warna, Laboratorium, Bio Impedance Analysis dan Apotek. Tindakan medis pendukung seperti intervensi nefrologis berupa operasi doublelumen, doublelumen tunnel dan cimino juga sudah dapat dilakukan oleh dokter yang memiliki kompetensi dibidangnya.

Sistem Manajemen Klinik juga terus diperbaharui untuk menciptakan suatu system manajemen mutu yang dapat meningkatkan kinerja dari masa ke masa. Sejak November 2010, KSGH Rasyida telah terakreditasi Manajemen Mutu ISO 9001:2008 oleh SAI GLOBAL dengan nomor registrasi 28282 yang berlaku selama tiga tahun dan telah di akreditasi ulang sampai November 2016. Setiap tahun SAI GLOBAL melaksanakan audit tahunan untuk memastikan komitmen kami dalam pelaksanaan Sytem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.

Untuk aplikasi Sistem Informasi Manajemen Klinik, kami mengembangkan software yang kami beri nama SO KLIK : Sistem Operasional Klinik, yang terintegrasi pada semua komputer dengan jaringan Lokal Area Network mulai dari pendaftaran pasien hemodialisis, penerbitan kwitansi, rekam medis dan data administrasi lainnya  dan selanjutnya menghasilkan laporan Neraca dan Laba Rugi pada satu periode. Software ini terus kami kembangkan sesuai kebutuhan dan perkembangan klinik.

Komitmen pelayanan kami tuangkan dalam Visi  yang ditetapkan adalah : Menjadi Klinik Pelayanan Hemodialisis  terbaik se Indonesia,  dengan daya saing, produktifitas, dan efisiensi  yang tinggi didukung oleh sumber daya yang handal. Untuk itu Misi ditetapkan sebagai berikut : Memberikan produk dan pelayanan yang terbaik untuk memenuhi permintaan pelanggan demi tercapainya kepuasan pelanggan dan terjangkau. Untuk mencapai misi ini, kami selalu :

1.                 Mengerti, memahami dan peduli akan kebutuhan dan harapan dari pelanggan, serta memberikan pelayanan Prima bagi pelanggan.
2.                  Menjamin terlaksananya persyaratan medis terbaik untuk hemo-dialisis.
3.                  Meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia.
4.                  Membangun kerjasama tim yang tangguh.
5.   Memberi kesempatan kepada semua karyawan untuk berinovasi dan berkreativitas.
6.     Melakukan perbaikan sistem kerja yang berkesinambungan untuk menjamin efisiensi dan efektivitas kerja yang optimal.



Berbagai kegiatan yang dilakukan KSGH Rasyida Medan dalam melaksanakan komitmen pelayanan ke pasien dan karyawan adalah :

1.  Setiap 6 bulan dilakukan gathering dengan pasien/pelanggan beserta keluarganya dalam Program Pemantauan Peningkatan Kwalitas Hidup (P3KH) dengan mengundang pejabat-pejabat yang terkait seperti dari BPJS Kesehatan, BPJS Ketenaga Kerjaan, dan  perusahaan mitra kerja seperti PTPN IV, PELINDO, PLN, ANGKASA PURA,  dan PT. Asuransi INHEALTH Indonesia, dan juga para ahli di berbagai bidang ilmu yang memberi ceramah dengan topik yang terkait dengan pengelolaan medik dari berbagai penyakit terutama penyakit ginjal dan hipertensi. Acara tersebut juga mengundang  psikolog untuk memberikan pencerahan dalam menghadapi berbagai masalah baik bagi pasien maupun keluarga yang merawat pasien hemodialisis tersebut. Kegiatan tersebut juga kadang dikemas dalam bentuk outbond yang diadakan di luar kota seperti Berastagi, Kampoeng Ladang dan lainnya.

2.   Untuk mengurangi kejenuhan perawat dan karyawan, KSGH Rasyida juga mengadakan Family Gathering yang dilakukan minimal 2 tahun sekali di luar kota seperti tamasya ke Danau Toba, Theme Park-Pantai Cermin dan Berastagi.

3.          Mengirimkan dokter dan perawat untuk mengikuti seminar yang diadakan oleh PERNEFRI dan organisasi profesi kesehatan lainnya.

4.    Setiap tahun mengirim perawat untuk mengikuti Course Perawatan Intensif Ginjal yang dilakukan di RSCM Jakarta dan RS. Cikini Jakarta untuk mendapat sertifikat Dialisis Nasional.

5.      Setiap tahun secara bergiliran perawat-perawat dikirim untuk mengikuti seminar nasional PPGII (Perhimpunan Perawat Ginjal Intensif Indonesia) yang juga diikuti dengan program workshop yang diadakan di berbagai kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Bali, Bandung, Makasar dan kota-kota lainnya.

6.          Telah melakukan studi banding ke negara tetangga dan mengunjungi unit-unit hemodialisis ternama yang diikuti oleh Manajemen, Dokter, Tehnisi dan Perawat. Pusat-pusat Hemodialisis yang telah dikunjungi adalah di Penang, Kuala Lumpur, dan Singapura.

7.     Seluruh perawat selalu terlibat dengan kegiatan PPGII  Kota Medan yang secara teratur mengadakan pertemuan dengan seluruh Unit Dialisis yang berada di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh, yang diisi ceramah oleh para pakar.

8.            KSGH Rasyida juga aktif mengadakan kegiatan pada Hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada minggu kedua bulan Maret setiap tahun dengan mengadakan seminar gratis sehari bagi para dokter dan masyarakat umum  dengan tema seputar hipertensi dan ginjal.

9.      Setiap akhir tahun sebelum audit eksternal oleh SAI GLOBAL  kami melaksanakan survey kepuasan pelanggan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan atau pasien kami, survey tersebut merupakan agenda tetap yang  diwajibkan oleh System Manajemen Mutu ISO 9001:2008.

10.  Aktif mendorong dan memfasilitasi pembukaan unit-unit hemodialisis pada rumah sakit pemerintah dan swasta yang berada di  Provinsi Sumatera Utara dan Aceh.

Untuk mengetahui informasi lebih jauh tentang KSGH Rasyida Medan, masyarakat juga dapat melihat weblog KSGH Rasyida dengan alamat http://ksghrasyidamedan.blogspot.com

Medan, 01 Oktober 2014




Prof.dr.Harun Rasyid Lubis,SpPD,KGH
Direktur
  



0 komentar :

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar terbaik Anda..