Advertise

Minggu, 23 Oktober 2011

Hari Ginjal Sedunia 2011, Syukuran 15 thn KSGH Rasyida dan Sertifikasi ISO 9001:2008

Prof.Harun Rasyid Lubis,SpPD,KGH menyampaikan pada ceramah ilmiah bahwa  Organisasi kesehatan dunia (WHO) telah melaporkan, kasus diabetes mellitus (DM) tipe 2 mengalami peningkatan cukup pesat di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Saat ini, jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai 8,4 juta jiwa dan akan meningkat menjadi 21,3 juta jiwa pada tahun 2030.

“Kondisi ini telah menjadikan Indonesia berada di urutan ke-empat jumlah penderita diabetes di dunia setelah India, China dan Amerika Serikat,” kata Direktur Klinik Spesialis Ginjal dan Hipertensi (KSGH) Rasyida Medan, Prof.Harun Harun Rasyid Lubis.

Selain itu, lanjut Prof.dr.Harun Rasyid Lubis, hasil survei Kementerian Kesehatan dan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyebutkan prevalensi hipertensi di Indonesia sudah mencapai di atas 30 persen dari jumlah penduduk dewasa.

Meningkatnya jumlah kasus diabetes dan hipertensi tersebut tidak terlepas dari pola hidup masyarakat yang kerap mengkonsumsi jenis makanan cepat saji (fast food) serta enggan melakukan aktivitas olahraga secara teratur.

Dampak selanjutnya, para penderita diabetes dan hipertensi tersebut berpotensi mengalami kerusakan ginjal. Jika ginjal sudah mengalami kerusakan lebih dari tiga bulan, maka kerusakan selanjutnya tidak bisa dihindari lagi sehingga penderitanya harus menjalani terapi cuci darah.

“Penyakit gagal ginjal ini tidak memiliki gejala awal yang khas. Akibatnya, banyak kasus gagal ginjal yang ditemukan setelah ginjal pasien tersebut sudah mengalami kerusakan sekitar 10 hingga 60 persen. Padahal, kerusakan ginjal hanya 10 persen saja, sudah dianjurkan untuk cuci darah,” tambah.

Menurut Prof.dr.Harun Rasyid Lubis, setidaknya ada 700-800 kasus gagal ginjal yang ditemukan di Kota Medan. Bahkan, penyakit gagal ginjal ini tidak hanya diderita kelompok masyarakat lanjut usia (lansia), tetapi sudah dialami kelompok usia muda. “Baru-baru ini, kita menemukan kasus gagal ginjal pada seorang wanita berusia 23 tahun,” tambahnya.

Terkait dengan Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day),  KSGH Rasyida Medan melaksanakan bakti sosial pemeriksaan ginjal gratis untuk masyarakat Kota Medan. Kemudian, digelar acara syukuran karena KSGH Rasyida telah berdiri selama 15 tahun dan sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 dengan nomor registrasi 28282.

Acara syukuran yang digelar di KSGH Rasyida Jln. DI Panjaitan No. 144 Medan pada tanggal  12 Maret 2011, turut dihadiri Pj. Gubsu Gatot Pujonugroho, Walikota Medan Drs. H. Rahudman Harahap, Wakil Walikota Drs. Dzulmi Eldin, Sekda, Kadis Kesehatan, mantan Walikota Medan Drs. Abdillah, Ak, MBA dan pejabat lainnya.

Prof. dr. Harun Rasyid Lubis menjelaskan, KSGH Rasyida didirikan pada 10 November 1995 berkat dukungan alm. Raja Inal Siregar dan dr. Masrul Siregar yang saat itu menjabat sebagai Gubsu dan Kakanwil Depkes Sumut. Kemudian KSGH Rasyida diresmikan oleh Ketua DPRDSU M. Effendi Ritonga dengan kapasitas lima mesin cuci darah dan lima tempat tidur. Kini, KSGH Rasyida telah memiliki 30 mesin cuci darah dan 30 tempat tidur ditambah dengan peralatan Rontgen, USG, Bio Scan dan Apotek.

Adapun perusahaan yang menjadi pelanggan KSGH Rasyida Medan adalah ASKES, PLN, PTPN IV, Angkasa Pura, Bank Indonesia dan pelanggan umum lainnya dari kota Medan maupun dari luar kota Medan.



Plt. Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya  pada acara Hari Ginjal Sedunia, Syukuran 15 tahun KSGH Rasyida dan Sertifikasi ISO 9001:2008

Walikota Medan : Drs. Rahudman Harahap,MM memberikan kata sambutan.

Mantan Walikota Medan Drs.Abdillah,Ak,MBA juga turut memberikan kata sambutan.


Direktur Utama Bank Sumut Gus Irawan juga turut memberikan kata sambutan sebelum tampil menyumbangkan lagu .

dr.Abdurrahim Rasyid Lubis,SpPD,KGH, memberikan ceramah ilmiah seputar penyakit ginjal dan hipertensi.

Mantan Walikota Drs. Abdillah,Ak.MBA memberikan ucapan selamat kepada Ibu Asrah Siregar yang berulang tahun ke 73 bersamaan dengan digelarnya acara Hari Ginjal Sedunia, Syukuran 15 tahun KSGH Rasyida dan Sertifikasi ISO 9001:2008 




















dr.Riri Andri Muzasti SpPD sebagai MC membuka acara Peringatan Hari Ginjal Sedunia, Syukuran 15 tahun Rasyida  dan Syukuran Sertifikasi ISO 9001:2008
Plt.Gubsu Gatot Pujo Nugroho ditemani oleh Prof.Harun Rasyid Lubis,SpPD,KGH menjenguk pasien dan meninjau layanan hemodialisis di KSGH Rasyida Medan



Mantan Walikota Medan Drs.Abdillah,Ak,MBA meninjau layanan hemodialisis di KSGH Rasyida  Medan

Mantan Walikota dan Plt.Gubsu bersalaman untuk pamit meninggalkan KSGH Rasyida Medan


Karyawan KSGH Rasyida Medan berfoto bersama dr.Abdur Rahim Rasyid Lubis,SpPD,KGH (kanan)


Tamu dan Undangan tengah menyimak kata sambutan oleh Plt.Gubsu Bpk.Gatot Pujo Nugoroh,ST



Karyawan KSGH Rasyida Medan mendapat kesempatan berfoto bersama dengan Plt.Gubsu Bpk.Gatot Pujo Nugroho,ST

Karyawan KSGH Rasyiida mendapat kesempatan berfoto bersama Walikota Medan Bpk Drs.Rahudman MM, seusai acara Hari Ginjal Sedunia, syukuran 15 tahun KSGH Rasyida dan sertifikasi ISO 9001:2008.




0 komentar :

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar terbaik Anda..