Advertise

Selasa, 22 September 2015

HIDUP TETAP BERKUALITAS DENGAN HEMODIALISIS

Medan, Selasa, 22 September 2015. Dalam rangkaian peringatan Ulang Tahun Klinik Spesialis Ginjal dan Hipertensi Rasyida Medan ke 20 yang jatuh pada tanggal 10 November 2015, Klinik Rasyida bekerja sama dengan  salah satu distributor obat terbesar PT.MERCK INDONESIA mengadakan Seminar "Hidup Tetap Berkualitas Dengan Hemodialisis"di Rumah Makan Cindelaras Jln. DI.Panjaitan, Medan tanggal 22 September 2015. Acara dibuka oleh Azlia Helmi Manurung,Amk dengan kata sambutan dari PT.Merck Indonesia. 

"Selama 20 tahun ini KSGH Rasyida tidak hanya memberikan pelayanan dalam bidang medis yang fokus pada Hemodialisis / cuci darah namun juga dalam bentuk seminar-seminar awam untuk mengedukasi pasien dan keluarga. Acara ini diselenggarakan sebagai bukti komitmen managemen KSGH Rasyida dalam meningkatkan mutu pelayanan dan memberikan edukasi baik kepada pasien maupun keluarga pasien yang menjalani hemodialisis (cuci darah)", demikian sambutan Ketua Panitia dr.Heri Farnas.
Acara yang dihadiri oleh lebih dari 80 orang peserta baik pasien maupun keluarga pasien tersebut dapat terselenggara dengan baik berkat dukungan dari PT. Merck Indonesia yang secara konsisten memberikan kontribusi dalam acara-acara yang sifatnya edukasi maupun ilmiah.

dr.Riri Andri Muzasti, M.Ked (PD), Sp.PD, Finasim selaku narasumber memberikan pemahaman singkat mengenai struktur anatomi ginjal dan fungsinya, apa penyebab gagal ginjal dan komplikasinya serta kapan seseorang harus menjalani terapi yang dikenal dengan hemodialisis atau cuci darah. Akan tetapi dari semua yang disampaikan, ada beberapa poin yang menjadi catatan khusus yaitu bagaimana seorang pasien dalam menjalani kesehariannya walaupun sudah menjalani cuci darah sehingga kualitas hidupnya dapat terjaga dengan baik.

Seminar tersebut dinilai oleh seluruh pasien dan keluarga pasien sangat bermanfaat dalam memberikan informasi yang jelas dan benar mengenai berbagai hal tentang cuci darah. Sehingga nantinya acara seminar awam terus terselenggara pada masa-masa yang datang.(edited by dr. Heri Farnas)


Azlia Helmi Manurung sebagai protokol seminar awam


dr.Heri Farnas menyampaikan kata sambutan  di depan pasien HD 


dr.Riri Andri Muzasti.M.Ked,SpPD menyampaikan materi Quality Of Life bagi penderita HD





0 komentar :

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar terbaik Anda..