Advertise

Jumat, 09 September 2011

Diet Pada Pasien Hemodialisis

DIET PADA PASIEN HEMODIALISIS

Gagal ginjal merupakan ketidakmampuan ginjal memenuhi fungsinya secara optimal yang dinilai dengan beberapa parameter tertentu. Proses hemodialisis menggantikan fungsi dari ginjal tersebut. Kualitas hidup penderita gagal ginjal yang menjalani terapi hemodialisis sewaktu-waktu dapat menurun. Adalah hal penting bagi penderita maupun keluarga agar dapat menjaganya, salah satunya yaitu dengan mengatur pola diet yang tetap dan tetap memiliki rasa yang enak.
MANFAAT DAN TUJUAN DIET
• Mencegah kekurangan nutrisi, mempertahankan dan memperbaiki status nutrisi      penderita
• Menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit.
• Mencegah akumulasi zat-zat beracun hasil dari metabolisme tubuh terutama ureum.
• Membantu mengontrol tekanan darah atau kadar gula darah (dengan riwayat Diabetes) dan berat badan secara normal.
CARA AGAR DIET BERLANGSUNG EFEKTIF
• Kenali kondisi penyakit dan terapi yang dijalani. Pola diet belum tentu sama pada setiap pasien hemodialisis.                         
 • Sesuaikan aturan diet bagi penderita gagal ginjal dengan sisa fungsi ginjal dan ukuran tubuh (tinggi maupun berat badan).
• Bisa saja pasien kehilangan selera makan. Sangat penting dijaga selera makannya. Sajikan makanan kesukaan pasien tetapi masih dalam batas diet yang ditetapkan.

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN PADA DIET PASIEN HEMODIALISIS
DIET RENDAH KALIUM (POTASSIUM) DAN NATRIUM (SODIUM)

Natrium banyak terkandung dalam garam dapur (natrium klorida), sedangkan kalium banyak pada buah dan sayur. Bagi penderita gagal ginjal, hindari makanan yang mengandung natrium tinggi. Nilai normal natrium adalah 135 -  145 mmol/L dan kalium  3.5-5.5 mmol/L.

Kalium adalah mineral yang ada dalam makanan. Kalium memiliki peran penting dalam aktivitas otot polos (terutama otot jantung)  dan sel    saraf.
Ginjal normal akan membuang kelebihan kalium, namun pada pasien, kemampuan tersebut menurun, sehingga  dapat terjadi akumulasi/ penimbunan kalium dalam darah. Biasanya konsentrasi kalium yang tinggi adalah lebih berbahaya daripada konsentrasi kalium yang rendah.
Konsentrasi kalium darah yang lebih dari 5.5 mEq/L akan mempengaruhi sistem konduksi listrik jantung.
Kadar kalium yang sangat tinggi akan membuat otot melemah, mengganggu irama jantung dan dapat menyebabkan kematian. Pilih buah/sayur yang rendah kalium.
MAKANAN YANG TINGGI KALIUM
Buah :, pisang, alpukat, kurma, duku, pepaya,  apricot, kismis, prune, Sayuran: petersell, daun papaya muda, bayam, bawang putih, kapri, seledri batang, kembang kol, bit ,daun prei.

Kandungan kalium dalam buah dan sayur ternyata dapat dikurangi. Berikut ini caranya:
-  Kupas sayur atau buah, potong tipis, cuci dengan air mengalir.
-  Letakkan dalam mangkok, tambahkan air hangat sampai sayur atau buah terendam.  
 Rendam minimum 2 jam sebelum  dimasak
- Buah dan sayuran dapat dilakukan dua kali perebusan, lalu air rebusan dibuang dan tiriskan.
Biasakan rebus dalam air banyak, sehingga kalium terbuang.
 FOSFOR DAN KALSIUM

Tubuh memerlukan keseimbangan fosfor dan kalsium, terutama untuk membangun massa tulang. Jika ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik maka kadar fosfor naik sehingga kalsium menjadi turun. Agar aliran darah tetap stabil, pasokan kalsium diambil dari tulang sehingga massa kalsium dalam tulang menjadi berkurang. Hal ini yang menyebabkan tulang mudah retak atau patah. Jumlah fosfor yang dibutuhkan sehari 800-1.200 mg, sedangkan kalsium 1.000 mg. Agar dapat menyeimbangkan jumlah keduanya, sebaiknya perhatikan kandungannya dalam bahan makanan.  Dalam darah, nilai normal phosphor: 2,5 - 4,5  mg/dl, sedangkan kalsium 8,4 - 10,2 mg/dl
Phosphor adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tulang. Jika ginjal tidak berfungsi baik, kelebihan phosphor tidak bisa dibuang. Kadar phosphor yang tinggi dapat menurunkan kadar kalsium di tulang, melepaskannya ke darah, sehingga kadar kalsium dalam darah meningkat. Ini akan menyebabkan tulang rapuh, gatal2, tulang nyeri dan mata merah.

 TIPS UNTUK DIET PHOSPHOR:
 1. Batasi makanan yang banyak mengandung phospor
 2. Mengkonsumsi obat pengikat phosphor/phosphate binder, Seperti kalsium karbonat (CaCO3) dan Aluminium hidroksida.
Obat ini dikonsumsi di pertengahan makan agar efektif…!!!

MAKANAN TINGGI PHOSPHOR:
Produk susu     : Susu, Keju, Yoghurt, Es  krim.
Produk sereal   : Oatmeal, Coklat, Waffle, Roti gandum.

Sayuran: Kacang2an, Biji bunga matahari, Kedelai,

Daging, Ikan dan telur: Hati, Seafood (udang, kepiting), Kuning Telur, Sarden, Ikan Bilis.

CAIRAN
Pada pasien hemodialisis mudah terjadi penumpukan cairan yang berlebih karena fungsi ekskresi ginjal yang terganggu.  Asupan cairan dalam 24 jam setara dengan urin yang dikeluarkan 24 jam ditambah 500 cc (berasal dari pengeluaran cairan dari keringat dan BAB). Ingat juga bahwa makanan berkuah tetap dihitung sebagai cairan.
Tips untuk hemat air: sebaiknya mengkonsumsi obat dengan makanan.
Tips mengurangi rasa haus:
1. Kurangi konsumsi garam                   2. Mengisap/mengkulum es batu. 3.Mengunyah permen karet.

 Bahan-bahan yang dianjurkan untuk ditingkatkan konsumsinya
1. Protein
Protein dibutuhkan untuk membangun jaringan tubuh, seperti tulang, otot, kulit, dan rambut. Protein juga membantu tubuh melawan infeksi, menjaga kadar albumin darah tetap stabil, mempertahankan keseimbangan nitrogen, dan mengganti asam amino yang hilang saat dialisis. Kebutuhan protein bisa diperoleh dari hewani, seperti daging, ikan, ayam, telur ,keju, dan susu. Selain itu, dari protein nabati, seperti tahu dan tempe. Untuk hasil yang optimal, kedua jenis protein tersebut harus dikonsumsi secara berimbang tiap hari.
Asupan protein per hari yang dianjurkan adalah 1-1,5 g/kg berat badan (BB) ideal.
2. Kalori
Kebutuhan kalori (energi) per hari sekitar 35 kkal/kg BB. Beberapa makanan yang mengandung kalori tinggi, seperti mentega, nasi, lontong, mie, bihun, dan makanan yang digoreng.
3. Lemak
Kebutuhan lemak per hari adalah 10-25% dari total kebutuhan energi. Lemak yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah lemak tak jenuh, seperti minyak nabati, minyak jagung, dan minyak zaitun.
4. Karbohidrat
Kebutuhan karbohidrat yang dianjurkan adalah 60-75% dari total kebutuhan energi. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, mie, bihun, jagung, kentang, dan roti.





0 komentar :

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar terbaik Anda..